GO TO MY HOME PAGE














  • INDONESIA BLOGGER
  • Welcome to my blog

    Senin, 08 April 2013

    Tips Membersihkan Keyboard Komputer

     Membersihkan keyboard lebih susah daripada membersihkan mouse. Kenapa? karena debu, rambut dan kotoran-kotoran lainnya masuk dari celah tuts - tuts keyboard dan tertinggal di bawahnya.

    Tentu saja hal ini membuat keyboard menjadi lebih susah dibersihkan karena tangan kita tidak cukup besar untuk melalui celah tuts - tuts keyboard.




    Walaupun begitu hal ini harus dilakukan apalagi jika sebagian tuts keyboard tidak bekerja karena menyangkut dengan kotoran yang ada di dalamnya.

    Untuk membersihkan keyboard anda memerlukan beberapa alat seperti sikat kecil, lap dan cairan pembersih jika ada.

    1. Cara paling mudah yang perlu dilakukan adalah  angkat keyboard anda, balikkan dan pukul - pukul ringan bagian sisi serta belakangnya. Hal ini sangat membantu untuk menjatuhkan debu, rambut ataupun kotoran-kotoran kecil yang ada di dalam keyboard.

    Jika anda merasa malas, maka cukup lakukan hal ini saja untuk mengurangi kotoran yang
    ada di dalam keyboard. tentu saja keyboard tidak akan terlalu bersih, namun setidaknya jumlah kotoran telah berkurang.


    2. Lepaskan tuts - tuts keyboard anda. Untuk membuka tuts - tuts keyboard adalah dengan cara menahan bagian bawah tuts  dengan ibu jari dan tarik bagian atas dengan jari telunjuk. Tidak perlu khawatir tuts akan rusak karena tuts keyboard memang di desain untuk bisa dilepas.

    Jika terasa keras untuk ditarik, itu berarti keyboard anda belum pernah dibuka sekalipun. Jadi jangan ragu untuk melepasnya sekeras apapun itu. Khusus untuk tombol + dan Enter pada numeral keys, anda harus melakukannya dengan menarik bagian bawah kanan karena posisi kunci pengait berbeda dengan tuts - ututs kecil.

    Tombol spasi agak sulit untuk dilepas dan juga dipasang jadi saya merekomendasikan Anda untuk membiarkannya tetap terpasang. Tanpa perlu melepas tuts spasi pun, semua bagian keyboard sudah terbuka dan bisa dibersihkan.



    3. Mulailah untuk membersihkan papan keyboard dengan sikat. Akan lebih baik jika Anda memegang dan menyikat papan tersebut dalam keadaan terbalik sehingga kotoran tidak masuk ke bagian dalam melalui lubang tuts.

    Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang dan juga kabelnya. Setelah selesai dengan bagian papan, bersihkan tuts satu per satu dengan lap dan cairan pembersih. Perhatikan sisi-sisi tuts karena  bagian ini adalah bagian yang paling jarang tersentuh namun debu yang menempel bisa jadi cukup tebal.

    Setelah semua selesai dibersihkan, pasang kembali tuts sesuai dengan lokasinya. Proses pemasangan tuts ini tidak memerlukan cara khusus.Tinggal tekan tuts ke tempatnya hingga terkunci kembali dan keyboard Anda pun kembali bersih seperti baru.


    0 komentar:

    Posting Komentar