GO TO MY HOME PAGE














  • INDONESIA BLOGGER
  • Welcome to my blog

    Selasa, 02 April 2013

    Kerusakan Pada Printer dan Cara Perbaikannya

    langsung saja tanpa basa - basi , ini dia cara memperbaiki printer yang rusak
     Kerusakan yang sering terjadi pada printer adalah sebagai berikut :
    1.) Paper Jam
    Paper jam
    adalah kerusakan yang sering terjadi pada printer. Paper jam biasanya terjadi karena kotor, jenis kertas yang digunakan salah dan roller yang berfungsi untuk menggerakan kertas rusak.
    Perbaikan :
    Membersihkan printer secara rutin dan menggunakan jenis printer yang tepat. Dan jika tabel paper jam muncul, tarik kertas searah dengan jalur kertas nya jika ditarik ke belakang bisa merusak printer. 
     
    2.) Toner Luntur
    Hasil Cetakan luntur ketika disentuh tangan. Kemungkinan penyebabnya adalah fuser yang rusak / habis masa pakainya. Dianjurkan untuk segera mengganti fuser tidak perlu memperbaikinya karena Fuser biasanya sekali pakai lalu bisa juga karena toner cartridge yang rusak sehingga banyak toner yang keluar. Dianjurkan untuk segera menggati dengan toner cartridge yang baru.
    3.) Menarik semua kertas dari Tray
    jika printer menarik semua kertas dari Tray (lebih dari satu lembar) maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab untuk bertugas memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Bisa juga karena kertas yang digunakan pada printer lembab, maka dari itu kibas kibas dahulu kertas sbelum dimasukkan kedalam tray printer.

    4.) Kehilangan Driver untuk Operating System tertentu
    Tidak semua printer mempunyai driver untuk setiap OS, pada kasus ini yang terbaik adalah mengacu ke manual printer dan cari tahu driver apa yang bisa menyimulasikan printer eksisting. Meskipun tidak semua fungsi printer tersedia pada waktu simulasi, namun setidaknya bisa mencetak seperti biasa.

    5.) Berbayang
    Berbayang merupakan kondisi dimana gambar tercetak dengan baik tapi ada gambar yang sama dengan warna yang lebih terang juga tercetak. Ini bisa terjadi karen aoutlet listrik yang mensumplai listrik ke printer dengan begini, coba cek outlet listrik dan hubungkan dengan printer yang lain apakah masih mengalami hal yang sama atau tidak. Berbayang bisa juga terjadi karena Spare part yang rusak.





    0 komentar:

    Posting Komentar