GO TO MY HOME PAGE














  • INDONESIA BLOGGER
  • Welcome to my blog

    Sabtu, 27 Oktober 2012

    Tips Agar Komputer/Laptop Anda Terhindar dari virus..

    Teman-teman mungkin pernah merasa terganggu dengan kehadiran virus atau sejenisnya di komputer atau laptop yang biasa dipakai, bukan tidak mungkin malah bisa menghambat produktifitas kerja Atau menghambat anda dalam proses pembelajaran.


    Berikut ini tips singkat dari saya agar komputer terhindar dari virus pengganggu ....

    1. pasang antivirus yang recommended. banyak antivirus yg dinilai handal mengatasi virus, diantaranya AVIRA, KASPERSKY, NOD32, dll. untuk mencegah virus lokal, kombinasikan dengan antivirus buatan lokal jg, seperti SMADAV, ARTAV, dll.
    2. scan file/folder di flashdisk sebelum dicopy/dipindahkan. hal ini untuk mencegah penyebaran virus melalui media transfer file sprt flshdisk.
    3. selalu update antivirus. perkembangan virus termasuk cepat, oleh karenanya antivirus yg digunakan sebaiknya selalu diupdate. para pengembang/developer biasanya menyediakan update dbase antivirus di webnya.
    4. hati-hati dengan situs penyebar virus. bagi rekan-rekan yg sering download aplikasi/file di internet, perlu waspada karena tidak sedikit situs2 palsu yg contennya disisipi virus spyware/malware.
    5. hati-hati dengan email tanpa subjek dari pengirim yg tidak dikenal. virus juga bisa menyebar melalui attachment email. hapus saja jika mendapat email yang tidak jelas.
    6. matikan system restore. beberapa variant virus sering kali muncul lagi, setelah discan dan terdeteksi oleh antivirus. jenis virus variant ini biasanya bersembunyi di system restore.
    cara matikan/turn off system restore: di windows eksplorer -> klik kanan icon my computer -> properties. pilih menu tab system restore. -> tandai centang pada turn off system restore all drive, kemudian apply dan OK.
    7. pastikan firewall selalu dlm posisi "on". Firewall merupakan software yang dapat menangkal akses ilegal ke komputer, baik yang bermaksud menghapus informasi, merusak komputer, maupun mencuri data pribadi. Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer yang saling terhubung, pastikan firewall di masing-masing komputer aktif. Ini untuk mencegah virus menyebar ke semua komputer apabila salah satu komputer terinfeksi.

    Semoga Tips Diatas Bermanfaat Bagi teman-teman semua ...


    0 komentar:

    Posting Komentar